Saturday, November 19, 2011

Tips sukses UN dan Masuk SMP yang bagus


Tips Sukses UN
Tips Sukses UN
        Pelajari Latihan Contoh-Contoh Soal
                Berhubung UN berupa soal-soal pilihan ganda, maka latihan contoh-contoh soal, bermanfaat. Gunakanlah buku-buku soal di toko buku, berlatihlah sebaik mungkin berupa ulangan biasa ataupun soal-soal UN tahun sebelumnya itu sangat bermanfaat, hal ini agar kalian terbiasa saat mengerjakan soal UN.
        Belajar Latihan Soal dari Bimbingan Belajar
                Pelajari setiap latihan soal yang diberikan dari bimbingan belajar. Karena selain sekolah, yang punya kisi-kisi Ujian Nasional itu adalah hampir semua bimbingan belajar. Pasti kalian ingin setiap yang ikut bimbingan belajarnya sukses UN dan membuat reputasi bimbingan belajar itu jadi baik.
        Buat Catatan Kecil
                Maksudnya bukan catatan untuk contekan, namun buat diingat dimana aja. Catatan bisa berupa secarik kertas atau apapun. Terpenting bisa dibawa kemana-mana.
        Jangan Tegang
                Hadapi dengan santai tapi serius. Hilangkan pikiran mendapatkan nilai asal lulus, tanamkan bahwa nilai UN itu harus bisa dapat yang tertinggi.

Tips Sukses UN
       Persiapkan Senjata Hadapi UN
                Siapkan kartu ujian dan segala perlengkapannya. Jika sudah lengkap, pastikan tidak ada yang membebankan pikiran lagi, hingga pikiran tenang.
       Mengerjakan try out
                Setelah belajar berbulan-bulan, emang rasanya udah banyak banget materi pelajaran yang nyangkut di otak kita. Tapi rasanya nggak klop kalo kita nggak latihan atau pemanasan dulu. Nah, untuk itulah, menjelang UN, sebaiknya kalian banyak berlatih soal, baik ikut try out atau latihan mengisi soal prediksi UN 2012.
       Jangan Tergoda Bocoran Soal UN
                Biasanya, menjelang musim ujian, banyak bisik-bisik yang muncul. Yup, apalagi kalo bisikan soal bocoran soal. Jangan mudah percaya dengan kunci jawaban yang beredar. Karena, hal ini akan membuat kalian menjadi tak percaya diri. Sehingga, sewaktu ujian, kalian akan merasa dilema, apakah kunci itu benar atau salah. Jadi, saya ingatkan tetap percaya diri dengan kemampuan diri dan jangan mudah percaya dengan orang lain. Karena hal ini akan membuat kalian  gagal. Ingatlah, bahwa nilai bukanlah segalanya. Yang terpenting adalah ilmu yang kalian dapat selama proses pembelajaran.
Tips Sukses UN
       Harus Enjoy Saat Ujian Nasional
               
Hal yang utama adalah yakin akan kemampuan diri akan membuat kita nyaman untuk menjawab soal. Kemudian, menjawab soal harus enjoy dan dinikmati. Jangan cemas dan tegang dalam menjawab soal, karena jika hal itu terjadi, maka soal UN takkan terselesaikan.
       Sarapan
                Tahukah kita bahwa berpikir juga memerlukan asupan energi yang besar? Buktinya sering kejadian  siswa yang pingsan gara-gara belum sarapan. Jika perlu bawa bekal sebelum UN. Bila sarapan atau makan pagi kurang, maka aktifitas berat yang akan dihadapi akan menemui masalah. Beberapa teman mengaku bahwa mereka hanya minum susu atau teh lalu memakan sedikit roti di pagi hari, ini bukan sarapan sehat untuk seorang pelajar. Jadi sarapan pagi yang bagaimana yang sehat? Konsumsilah makanan yang mengandung banyak mengandung kalori, energi. Seperti telur, ayam dan makanan lainnya yang bisa menyuplai cukup energi untuk kegiatan beraktifitas. Intinya, konsumsilah makanan energi sesuai dengan kebutuhan.
Tips Sukses UN
       Istirahat yang cukup
                Bila kita beristirahat yang cukup, maka otak kita akan bekerja dengan lebih lancar. Hal ini dapat membuat hasil UN kalian lebih baik.
       Persiapkan UN mulai dari sekarang
                Mulailah mengulang pelajaran dari sekarang; Jangan suka menunda-nunda untuk belajar. Materi untuk UN sangat banyak, sehingga memerlukan banyak waktu untuk mengulang pelajaran. Oleh karena itu, mulailah mengulang pelajaran dari sekarang, karena bila baru dipelajari menjelang UN kalian akan mengalami kesulitan untuk mengingat semua materi untuk UN.
Tips mencari SMP
Tips mencari SMP
       Ketahuilah visi dan misinya
               
                                Banyak ahli yang mengingatkan tentang pentingnya aspek visi dan misi pendidikan yang disandang suatu sekolah. Sekolah yang memiliki kualitas baik tentu saja memiliki visi dan misi yang jelas, terukur dan realistis. Untuk dapat mengetahui visi-misi sekolah yang diinginkan, dapat dilihat di buku profil, brosur, papan nama atau media publikasi yang digunakan oleh sekolah tersebut. Dari visi dan misi yang dipaparkan dapat terlihat bagaimana orientasi tujuan dan profil output yang akan dihasilkan. Pernyataan visi dan misi ini dapat dipotret dari beberapa aspek, antara lain aspek keagamaan, akademis, mental, perilaku, kecakapan hidup, kemandirian dan kewirausahaan. Orang tua kalian saat ini mungkin masih memandang aspek akademis menjadi pertimbangan pertama dalam memilih sekolah. Maka, tidak heran jika banyak orang tua yang rela melakukan apa saja untuk mendapatkan sekolah dengan prestasi akademik tinggi.Oleh sebab itu, kalian seharusnya tidak lagi terjebak pada istilah-istilah sekolah favourit, unggulan, plus dan lain-lain. Padahal yang dikembangkan hanya pada aspek kognitif saja atau academic minded. Sekolah yang baik adalah sekolah yang mampu menggali, mengembangkan dan mengoptimalkan seluruh potensi peserta didiknya.
Tips mencari SMP
       Ketahui porsi pendidikan agamanya
               
                                Di era sekarang ini, dimana banyak kasus yang menimpa generasi penerus kita termasuk dalam hal ini para pelajar, mulai dari kasus tawuran, narkotika, pergaulan bebas dan perbuatan menuyimpang lainnya, maka peran pendidikan agama menjadi sangat signifikan terutama dalam membentuk karakter dan perilaku siswa. saya berpendapat bahwa, pendidikan moral tertinggi terletak di dalam doktrin-doktrin agama yang diyakini seseorang. Melalui pendidikan agama yang cukup, diharapkan kalian akan memiliki kesadaran dan pemahaman yang benar mengenai tugas, peran dan tanggung jawabnya sebagai hamba Tuhan, anak, siswa dan anggota masyarakat. Sebagai implementasinya, kalian mampu menghargai orang lain dengan segala perbedaan serta mampu memilah dan memilih kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan tidak. Mungkin dari sini, sekolah-sekolah swasta yang berbasiskan agama dapat menjadi solusinya. Sekolah ini jelas-jelas memberikan porsi lebih banyak untuk pendidikan agama, bahkan sudah dipadukan dengan mata pelajaran lain, sehingga terdapat internalisasi nilai-nilai agama di setiap bahan ajar. Apalagi di jenjang pendidikan dasar, ibaratnya sebagai momentum peletakan pondasi bangunan kepribadian dan pengoptimalan seluruh potensi siswa. Maka, agama menjadi komponen paling penting dalam membentuk dan membangun karakter
siswa.
Tips mencari SMP
       Kurikulum pembelajaran
               
                                Kurikulum bisa dikatakan sebagai jantungnya pendidikan. Dikarenakan di dalamnya berisi tentang perencanaan pembelajaran yang menyangkut semua kegiatan yang dilakukan dan dialami peserta didik dalam perkembangan, baik formal maupun informal guna mencapai tujuan pendidikan. Walaupun penerapan kurikulum ini sudah diatur dan diseragamkan dari pusat, tetapi pihak penyelenggara pendidikan dapat melakukan modifikasi-modifikasi disesuaikan dengan kondisi sekolah, lingkungan, dan kebutuhan masyarakat.Dalam kebijakan kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sangat memberikan keleluasaan kepada pihak sekolah (negeri maupun swasta) untuk berkreasi dan berinovasi selama masih mengacu kepada standar kompetensi yang ditentukan.Maka, sangat dimungkinkan akan terjadi kompetisi di antara sekolah-sekolah, tentang bagaimana menampilkan profil sekolah dan keunggulan- keunggulannya dalam hal muatan materi pembelajaran dan kegiatan sekolah. Oleh karena itu, kalian harus benar-benar jeli dan teliti dalam memilih sekolah terutama pertimbangan dari sisi kurikulum yang diterapkan sekolah tersebut. Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan sekolah juga perlu dicermati, apakah dimungkinkan dapat mengoptimalkan bakat dan
potensi kalian
Tips mencari SMP
       Profil Pendidik
               
                                Keberhasilan dari proses dan hasil output pendidikan tidak dapat dilepaskan dari andil guru. Boleh dikatakan guru sebagai ujung tombak pendidikan untuk mencetak dan mengkader generasi penerus yang didambakan. Apalah artinya kurikulum yang ideal jika tidak didukung oleh pelaksananya, yaitu sumber daya manusia yang cakap. Maka tidak heran, jika pemerintah terus-menerus berusaha meningkatkan kompetensi guru melalui berbagai program, mulai dari penataran-penataran, beasiswa pendidikan dan sertifikasi guru.
                tiga dimensi umum yang menjadi kompetensi tenaga kependidikan, antara lain:
                (1) Kompetensi personal atau pribadi,
                                maksudnya seorang guru harus memiliki kepribadian yang mantap yang patut diteladani. Dengan demikian, seorang guru akan mampu menjadi seorang pemimpin yang menjalankan peran : ing ngarso sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.
                (2) kompetensi profesional,
                                maksudnya seorang guru harus memiliki pengetahuan yang luas, mendalam dari bidang studi yang diajarkannya, memilih dan menggunakan berbagai metode mengajar di dalam proses belajar mengajar yang diselenggarakannya.
Tips mencari SMP
                (3) Kompetensi kemasyarakatan,
                                artinya seorang guru harus mampu berkomunikasi baik dengan siswa, sesama guru, maupun masyarakat
luas. Mungkin secara sederhana, ketika kita mengamati profil guru sebuah sekolah, bisa dilihat dari riwayat pendidikan, pengalaman mengajar, prestasi, penampilan, sikap dan gaya mengajar apabila dimungkinkan.
Tips mencari SMP
       Gedung dan fasilitas
                                Komponen pendidikan yang tidak kalah pentingnya adalah sarana dan prasarana yang mendukung. Mulai dari bangunan fisik, ruang kelas, taman, perpustakaan, laboratorium, sarana olah raga dan kesenian, arena bermain, kantin, perlengkapan kelas, sampai dengan alat peraga edukasi yang dimiliki. Seiring dengan kemajuan bidang informasi dan teknologi, nampaknya bukan hal yang baru sebuah sekolah memiliki fasilitas akses jaringan internet dan website sendiri, dimana setiap dari kalian dapat berinteraksi dan berkomunikasi di dunia maya.
Tips mencari SMP
       Lokasi sekolah dan lingkungan
                                Lokasi yang dimaksud dapat dipandang dari jarak sekolah ke rumah, lingkungan sekitar dan sarana transportasinya. Bisa dibayangkan  kalian harus bangun pagi-pagi sekali karena letak sekolahnya jauh. Tentu kalaian pulang dalam keadaan lelah karena jarak yang ditempuhnya memakan waktu yang lama. Belum lagi jika terjadi kemacetan lalu lintas, bisa dimungkinkan sering terlambat pulang maupun masuk sekolahnya. Perlu dipikirkan juga mengenai sekolah yang berlokasi di pusat perkotaan atau keramaian dan yang berada di pinggiran atau lebih dekat dengan suasana alam, semua memiliki plus-minus-nya.
Tips mencari SMP
       Ketertiban dan kebersihan sekolah
                                Kondisi sekolah yang nyaman, teduh, tenang, tertib dan lingkungan yang bersih tentu saja akan mendukung suasana proses pembelajaran. Berbeda dengan suasana sekolah yang terkesan kumuh, gersang, gaduh, penempatan perabot sekolah yang semrawut, dan tidak ada kedisiplinan yang diterapkan, maka proses belajar mengajar akan banyak terganggu dan kurang optimal hasilnya. Kata kuncinya, kalian di sekolah harus merasa senang dan betah seperti ketika berada di kalian sendiri
Tips mencari SMP
       Lihat prestasi dan keberhasilan alumninya.
                                Kriteria yang tidak boleh ditinggalkan dalam memilih sekolah yang ideal adalah prestasi dan profil output-nya. Sekolah yang baik, selain unggul di dalam proses, juga unggul pada hasilnya. Seperti telah diurakaikan di muka, yang disebut prestasi tidak hanya secara akademik, tetapi juga non akademik baik siswa, guru maupun institusinya. Bagaimana perkembangan bakat dan potensinya, sikap, perilaku, kemandirian, keterampilan dan keahlian lain yang mendukung. Sedangkan Keberhasilan alumni dapat diukur dari lulusan sekolah dapat diterima di sekolah lanjutan yang kualitasnya baik serta memiliki life skill yang cukup untuk mampu eksis di tengah masyarakat.
SMP Labschool Kebayoran
SMP Labschool Kebayoran
SMP Labschool Kebayoran
                       SMP Labschool kebayoran terletak di Jl. K.H. Ahmad Dahlan No. 14 Kebayoran Baru-Jakarta Selatan
      
                Visi dan Misi Labschool:
       Visi: Labschool merupakan sekolah yang mempersiapkan calon pemimpin masa depan yang bertaqwa, berintegritas tinggi, berdaya juang  kuat, berkepribadian  utuh, berbudi pekerti luhur, mandiri, serta mempunyai kemampuan intelektual yang tinggi.
       Misi:
       1. Menciptakan lingkungan belajar yang menantang, menyenangkan, dan bermakna.
       2. Melakukan proses pembelajaran yang inklusi, humanis, dan holistik.
       3. Menghasilkan lulusan yang bermutu, berkarakter positif, dan memiliki daya saing yang kuat.
SMP Labschool Kebayoran
       4. Melakukan upaya untuk memberikan kesempatan kepada pendidik dan tenaga kependidikan agar memiliki inisiatif dan kemandirian dalam melaksanakan pembelajaran yang kreatif dan bertanggung jawab.
       5. Memiliki pendidikan dan tenaga pendidikan yang dapat memberikan teladan dan melakukan tugasnya sesuai tuntutan profesi
       6. Memiliki pimpinan yang berwawasan luas, berorientqasi ke masa depan dan terampil melakukan manajemen yang profesional.
       7. Menjalin kemitraan dengan orangtua dan masyarakat dalam mewujudkan visi Labschool.
SMP Labschool Kebayoran
       Kegiatan pembelajaran
     Layanan pembelajaran di SMP diselenggarakan dengan memperhatikan keberagaman kecerdasan siswa (Multiple Intellegencies). Untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang menantang dan menyenangkan, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan dukungan ruangan sejuk ber-AC dan variasi audio video multi media di kelas maupun di Media Resource Centre (MRC)
       Pelayanan Bilingual (pembelajaran dengan menggunakan pengantar Bahasa Inggris-Indonesia) pada mata pelajaran Science (IPA Biologi dan Fisika), Matematika, dan Teknologi Informasi akan siswa dapatkan sejak duduk di kelas VII.
       Dengan tersedianya green house, laboratorium IPA, dan bahasa sangan menunjuang kemampuan siswa untuk berlatih dan mengadakan penelitian.
SMP Labschool Kebayoran
       Kemampuan untuk menulis dan berpikir logis rasional ditumbuhkembangkan dengan metode pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menggali informasi materi terntentu. Untuk menunjang pelayanan tersebut disediakan fasilitas perpustakaan, digital library, dan komputer yang dilengkapi fasilitas internet.
       Pembelajaran di luar kelas diterapkan guna menambah wawasan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan mengunjungi berbagai objek seperti pabrik, museum, dan seperti yang baru saja kami lakukan mengunjungi PT Pindad, Museum Geologi, dan Gedung KAA di Bandung.
       Bagi para siswa kelas VII akan disediakan layanan Program Matrikulasi yang bertujuan menyetarakan kemampuan dasar siswa sehingga diharapkan siap menerima materi di SMP
       Sementara bagi siswa yang memiliki potensi kecerdasan yang istimewa akan mendapat program Akselerasi
SMP Labschool Kebayoran
KEGIATAN KESISWAAN
Penerapan Nilai-nilai Keimanan
                Nilai-nilai keimanan diterapkan dalam beragam kegiatan. Setiap hari Senin dan Kamis siswa bersama-sama melakukan tadarus AlQur’an yang diakhiri dengan Tausiah. Setiap hari melakukan sholat Dhuhur dan Asyar untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME dan diakhiri dengan kultum oleh siswa sebagai sarana latihan pidato dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Selain itu ada kegiatan keagamaan lain seperti Pesantren Ramadhan, Shalat Idul Fitri/ Idul Adha, Penyembelihan hewan qurban, Studi Islam (SALAM) dan Kajian Islam (KALAM), Ajang Kreatifitas Seni Islami (AKSI) dan Apresiasi Seni dan Kreatifitas Islami (ASKI).
SMP Labschool Kebayoran
Pembinaan Mental dan Kemandirian
                Siswa Labschool diajarkan dan dilatih untuk mengenali potensi dirinya, memperkuat kemampuan bekerjasama, mandiri, disiplin, bermental kuat, dan cakap dalam memimpin. Untuk itu para siswa dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang menunjang tercapainya tujuan itu, antara lain Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Indonesia (SAKSI), Bina Mental Siswa (BIMENSI), Kaderisasi Siswa Mandiri (KARISMA), Latihan dan Kaderisasi Siswa Indonesia (LIDERSIP)
Latihan Kepemimpinan
                Pembinaan kepemimpinan dilatih melalui wadah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
SMP Labschool Kebayoran
Kegiatan Ekstrakurikuler
                Ada berbagai macam kegiatan ekskul yang ditawarkan di Labschool, diantaranya:
                1. Kegiatan keilmuan: KIR, English Club, Bhs Jepang, Bhs Prancis, jurnalistik, elektronika dan komputer, robotik,
                2. Kegiatan Kesenian: Teater, paduan suara, tari tradisional, seni lukis, gamelan, fotografi, gitar dll
                3. Kegiatan ketrampilan: Paskibra, Palabsky, aero modelling, dll
                4. Kegiatan olahraga: sepak bola, basket, bulu tangkis, tenis meja, softball dll.
SMP Labschool Kebayoran

1 comment: