Saturday, November 19, 2011

Puisi


R. Himan Haryo Teguh. D
Puisi
KEINDAHAN ALAM INDONESIA

Saat aku membuka mataku,
ku tak percaya bahwa itu nyata
Aku berpikir aku masih bermimpi
Tetapi aku sadar bahwa keindahan itu benar-benar ada di depanku
Sungguh indah kepulauan ini
Ribuan pulau berjajar membentuk gugusan pulau yang indah
Gunung-gunung berbaris dari ujung barat ke ujung timur
Samudra luas membentang dengan air yang biru
dan berisi keindahan di bawahnya
Aku bangga menjadi anak Indonesia
Aku berjanji aku akan menjagamu negeriku


Tanda baca puisi
KEINDAHAN ALAM INDONESIA
                                                      π
Saat aku membuka mataku,
π
ku tak percaya bahwa itu nyata
π
Aku berpikir aku masih bermimpi
                           π                                         
Tetapi aku sadar, bahwa keindahan itu benar-benar ada di depanku
π
Sungguh indah kepulauan ini
                             π                                       
Ribuan pulau berjajar membentuk gugusan pulau yang indah
                                         µ                                                        
Gunung-gunung berbaris dari ujung barat ke ujung timur
π

Samudra luas membentang dengan air yang biru
π
Dan berisi keindahan di bawahnya
Aku bangga menjadi anak Indonesia
ӝ
Aku berjanji aku akan menjagamu negeriku

π = Pelan
= Tegas
µ= Mengeras
ӝ= Memelan
Arti kata-kata sulit

Gugus: Beberapa pulau (bintang dsb) yg berkelompok menjadi satu; kelompok
Berbaris: Berderet (berjajar) dng teratur; berbanjar
Bangga: Besar hati; merasa gagah
Indah: keadaan enak dipandang; cantik; elok
Parafrase

            Saat aku terbangun, aku melihat keindahan alam yang luar biasa. Sungguh indah Indonesia, di sana terdapat ribuan pulau, gunung-gunung, dan samudra yang luas. Saya bangga menjadi anak Indonesia dan berjanji akan menjaganya.

Sinopsis

            Saat seseorang terbangun, ia terpana melihat keindahan alam Indonesia. Ia melihat keindahan alam seperti pulau-pulau, gunung-gunung, dan samudra yang luas. Ia bangga menjadi anak Indonesia dan ia berjanji akan menjaganya.
Pesan
             Kita sebagai anak Indonesia sepatutnya bangga dengan keindahan alam Indonesia.

Kaitan dengan kejadian sehari-hari
            Kita mungkin pernah terpana melihat keindahan Indonesia, karenanya kita sebaiknya bangga menjadi anak Indonesia.





No comments:

Post a Comment