Thursday, May 24, 2012

Pengertian laut, jenis laut menurut kedalamannya, dan zona-zona laut

Laut adalah kumpulan air asin yang terbentang luas dan terhubung dengan samudra. Kandungan air laut biasanya adalah 96,5% air murni, dan 3,5% zat lainnya. 3/4 dari bumi ini tertutup oleh laut, namun ternyata tidak sama lho presentase wilayah laut pada belahan utara dan belahan selatan! Pada belahan selatan presentase wilayah laut dapat mencapai 80%, namun di belahan bumi utara hanya 60%.


Selain itu kedalaman laut juga sangat bervariasi,ini terbukti rata-rata kedalaman laut adalah 3800m, tidak seperti daratan yang hanya 840m. 

Zona-zona laut berdasarkan kedalamannya:
  1. Zona litoral yaitu zona tempat terjadinya pasang-surut
  2. Zona Epineritis, dari garis surut sampai kedalaman 50m
  3. Zona Neritis, yaitu dari kedalaman 50m-200m
  4. Zona Batial, yaitu dari kedalaman 200m-2000m
  5. Zona Abisal yaitu laut yang memiliki kedalaman lebih dari 2000m

Laut teritorial, Batas landas kontinen, dan Zona ekonomi eksklusif

  • Laut teritorial, menurut deklarasi juanda, laut teritorial mulai dari gari terluar pulau terluar hingga 12 mil kelaut lepas (22.224m). serta laut yang berada di antara pulau-pulau  sebuah  negara kepulauan. Oh iya termasuk juga wilayah udara yang terdapat di atas laut tersebut. di laut teritorial sebuah negara berkuasa penuh atas apapun yang berada di dalamnya.
  • Zona Ekonomi Eksklusif adalah wilayah perairan yang mulai dari garis dasar pantai terluar sampai 200 mil ke laut lepas. Pada zona ekonomi eksklusif sebuah negara berhak mengklaim hasil alamyang terdapat di dalamnya.
  • Batas Landas kontinen adalah wilyah laut yang mulai dari garis dasar pulau terluar hingga 200 mil ke laut lepas. sama seperti ZEE, pada batas landas kontinen suatu negara berhak mengklaim hasil alam yang ada di dalamnya. Bila sebuah batas landas kontinen berbatasan dengan negara tetangga maka, perlu diadakan kesepakatan tentang luas batas landas kontinen masing-masing negara.

    Jadi kira kira begini wilyah perairan negara kita



    Semoga bermanfaat!

    Oleh R. Himan Haryo Teguh D.

No comments:

Post a Comment