Saturday, November 19, 2011

Business plan

Berikut adalah contoh business plan:


Business Plan
J. Lo

J.Lo jelly drink rasanya enak, segar, mengenyangkan

Nama Usaha                      : J. Lo
Produsen                            : J. Lo jelly
Pemilik                                 : HSDI Corporation
Alamat Produksi               : Jl. Delman Indah III No. 12, Tanah Kusir, Jakarta 12240
Visi                                         : Kami bertujuan menyediakan minuman ringan yang sehat, enak, mengenyangkan, dengan harga terjangkau.
Analisa pasar                      :  Dari pengamatan kami, di sekitar Labschool Kebayoran belum ada usaha yang memproduksi  minuman jelly dan langsung menjualnya ke konsumen, karena itu kesempatan untuk menjual minuman jelly dengan harga murah masih terbuka sangat luas.
Analisis pesaing                                : Kami melihat belum ada pesaing yang menjual produk yang sama.
Strategi                                                : J. Lo mampu membuat minuman jelly yang enak, segar, dan menyehatkan serta murah. J. Lo juga akan langsung dipasarkan ke konsumen, sehingga harganya murah tidak seperti kalau membeli di supermarket. J.lo juga membeli kemasan dalam bentuk grosir sehingga meminimalisir biaya produksi. J.lo juga dimiliki oleh siswa kelas 1 SMP Labschool kebayoran sehingga memudahkan pemasaran. Produk juga dibuat dari bahan yang sangat berkualitas dan dibuat oleh orang yang sudah sangat berpengalaman dalam membuat produk jelly.
                                                 Kelemahannya adalah J.lo di jalankan oleh orang yang belum berpengalaman dalam bisnis ini. Selain itu, J.lo diproduksi di tempat yang cukup jauh dari SMP Labschool Kebayoran sehingga menambah biaya transportasi.
                                                 Strategi J.lo adalah melakukan promosi seminggu sebelum bisnis dijalankan. Bisnis akan mulai dijalankan di awal semester 2, Januari 2012 saat istirahat, karena pada saat itu banyak pelanggan potensial yang dapat membeli produk J.lo sehingga dapat menciptakan keuntungan. Harga juga dibuat berdasarkan kesepakatan, namun dirancang untuk tidak lebih dari Rp 5000; setiap produknya.

No comments:

Post a Comment