Friday, May 4, 2012

Dongeng Kera dan Ayam


Kera dan Ayam

      Pada zaman dahulu kala tersebutlah ada 2 sahabat, mereka adalah kera dan ayam. Suatu hari mereka pergi berjalan bersama. . Ketika hari sudah petang si Kera mulai merasa lapar. Kemudian ia menangkap si Ayam dan mulai mencabuti bulunya. Si Ayam meronta-ronta dengan sekuat tenaga. Akhirnya, ia dapat meloloskan diri.
      Si ayam lari sekuat tenaga ke rumah kepiting, kepiting adalah teman sejatinya. Mereka pun berencena untuk membalas perbuatan kera. Lalu ia menyusun siasat untuk memperdayai si Kera. Mereka akhirnya bersepakat akan mengundang si Kera untuk pergi berlayar ke pulau seberang yang penuh dengan buah-buahan. Tetapi perahu yang akan mereka pakai adalah perahu buatan sendiri dari tanah liat.
      Karena rakus, kera pun menerima ajakan ayam dan kepiting. Mereka berlayar jauh ke tengah laut. Lalu, kera dan ayam mulai berpantun sambil melubangi perahu mereka, perahu merekapun akhirnya tenggelam . Kepiting, dengan tangkasnya menyelam ke dalam laut, dan ayam dengan mudahnya terbang ke darat . Tinggalah si kera yang tidak dapat berenang mati tenggelam.
Pesan Moral
·         Indahkan persahabatan
·         Jangan Rakus
·         Bantulah orang yang sedang kesulitan
·         Berpikir cerdik
Kaitan dengan kehidupan sehari-hari
      Saat ada teman yang meminta tolong, kita harus membantunya semampunya, paling tidak senyumlah dan katakana maaf. Selain itu kita tidak boleh serakah dan harus berpikir cerdik
Alasan memilih dongeng:
      Dongeng bertema persahabatan ini cukup menghibur, serta penuh dengan pesan moral
     
  

No comments:

Post a Comment