Wednesday, February 29, 2012

Pemanfaatan Facebook dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis

Pemanfaatan Facebook dalam Meningkatkan Kreativitas Menulis

            Facebook adalah salah satu situs komunitas nomor satu saat ini. Tapi sayang sekali di Indonesia sepertinya masih terbatas pada kalangan tertentu saja. Hal ini mungkin disebabkan popularitas  Friendster sampai saat ini sudah dipakai oleh banyak orang Indonesia dan juga fitur personalisasinya yang dapat di set untuk berbahasa Indonesia.
            Facebook dan friendster, pada prinsipnya adalah sama-sama situs komunitas (di mana kita bisa bertemu orang dan bersosialisasi di dunia maya). Tapi bagi penggemar situs komunitas sudah saatya untuk beralih ke Facebook. Mengapa Facebook? Facebook memiliki banyak sekali kelebihan yang tidak dimiliki oleh Friendster. Saat ini, situs pertemanan yang bernama Facebook begitu digandrungi oleh orang-orang di seluruh dunia. Banyak orang yang telah menggunakan Facebook. Niat Facebook untuk menguasai
situsjejaring sosial ternyata tidak main-main. Facebook kian mendominasi industri ini dengan meraih pertumbuhan pengguna hingga dua kali lipat lebih.
            Mark Zuckerberg memulai Facebook pada Februari 2004 dari ruang kamarnya di Havard. Setelah berhenti sekolah dan pindah ke Silicon Valley, penemu Facebook ini mulai memantapkan langkahnya di bisnis jejaring sosial. Saat ini Zuckerberg merupakan milyuner terkaya di dunia sepanjang sejarah yang menghasilkan kekayaan sepenuhnya dari usaha sendiri.
            Kehadiran Facebook di Indonesia mulai mengemuka pada Juni 2007, dengan memiliki angggota yang terdaftar sebanyak 52 juta pengguna. Namun setahun berselang, jumlah penggua Facebook kian melonjak dengan memiliki 132 juta pengguna, dengan pertumbuhan mencapai 153 persen. Sejumlah prestasi yang sangat membanggakan dari Facebook.
            Untuk ukuran jejaring sosial , petumbuhan sebersar itu bukanlah angka yang sedikit. Myspace saja, yang merupakan situs jejaring sosial terbesar kedua dengan pengguna sekitar 117 juta haya memiliki pertumbuhan 3 persen di periode yang sama dengan Facebook.
            Facebook sangat berguna bagi kalangan masyarakat yang inigin berkomunikasi secara praktis. Sekarang saja Facebook sudah Overpopulated Member dikarenakan banyak orang yang tertarik dengan Facebook. Facebook memudahkan orang berkomunikasi dengan orang lain degan cara chatting, menulis di wall, dan mengirim pesan/message. Tanpa disadari, Facebook telah menjadi sumber informasi bagi seluruh orang di dunia.
            Selain itu, Facebook dapat juga melepaskan rasa bosan dikarenakan banyak games-games yang menyenangkan . Hanya dengan mengetik nama game yang kita inginkan di dalam kotak ‘Search’, maka dengan segera akan muncul hasilnya. Dibandingkan dengan website yang lain, Facebook lebih mudah digunakan, lebih cepat , dan lengkap sehingga membuat Facebook lebih bermanfat dan lebih banyak diminati oleh orang-orang di seluruh dunia.
            Facebook juga menyediakan space-space iklah untuk informasi para Businessman. Disanalah kita banyak ditawarkan produk-produk yang barangkali kita sangat membutuhkannya. Jika ada orang yang menulis  di Wall., kita akan segera tahu di dalam kolom ‘Notifications’. Dan kita bisa chating langsung dengan teman kita yang sedang Online. Kita bahkan bisa meng-upload foto atau video, bahkan menulis ‘Notes’ yang berguna untuk mempublikasikan suatu artikel atau bacaan yang berguna. Disinilah kreativitas kamu akan muncul. Apalagi bila kamu bisa membuat link-nya dengan blog pribadimu di wordpress.com atau blogspot.com.
            Namun sangat disayangkan, hasil pengamatan penulis, dan juga penyebaran angket di kelas 7 dan 8 SMP Labschool Jakarta tidak banyak siswa yag memanfaatkan Facebook ini untuk menignkatkan kreativitasnya dalam menulis. Anak-anak lebih banyak chatting, bermain games, dan menge-tag foto-foto dan saling memberikan komentar. Jarang sekali didapati ada siswa yang sengaja menulis di Facbeook, khususnya di menu notes (catatan). Padahal, pada bagian ini kita dapat memanfaatkannya untuk berlatih menulis, sehingga kita menjadi terrampil dalam menulis.
            Penulis terkejut ketika berkunjung ke Facebook-nya Mas  Hernowo Hasim. Setiap harinya beliau menulis di catatan (notes) dan beliau sharing-kan tulisannya kepada teman-temannya. Kreativitas beliau sangat luar biasa. Beliau sangat komitmen sekali dalam menulis. Alhasil, dalam 4 bulan telah ada sekitar 120 tulisan yang kalau diteruskan selama setahun, akan menajadi sebuah buku yang sangat luar biasa dengan jumlah halaman 365 halaman.
            Penulis pun terperanjat dibuatnya. Ternyata, sedikit demi sedikit menulis, bila kita fokus pada materi tulisan, maka kita akan menjadi penulis buku. Di sanalah sebenarnya resep Mas Hernowo Hasim dalam membuat buku-buku berkualitas yang menjadi buku best seller. Kamu dapat melihat tulisan-tulisan indah Mas Hernowo Hasim di alamat url http://id-id.facebook.com/people/Hernowo-Hasim/678694786
            Agar para siswa juga dapat memanfaatkan Facebook ini secara tepat dan benar, dibutuhkan contoh atau teladan dari guru agarmereka juga menjadi rajin dan kreatif dalam menulis di Facebook. Guru berusaha memberikan contoh kepada anak didiknya dengan sering menulis di Facebook. Guru pun memberikan tugas-tugas internet dengan cara meminta siswa mengerjakan tugas-tugas internet dari guru u dengan metode pemberian tugas.
            Metode pemberian tugas adalah cara mengajar atau penajian materi melalui penugasan siswa untuk melakukan suatu pekerjaan. Pemberian tugas dapat dilakukan secara individual atau kelompok . agar pemberian tugas dapat menunjang keberhasialan proses pembelajaran, maka tugas harus dapat dikerjakan oleh siswa secara mandiri, hasil dari kegiatan dapat ditindaklanjuti, dan adanya kesimpulan dari tugas yang didapat. Siswa diharapkan mendapat manfaat dari tugas.
            Dari metode pemberian tugas inilah akan terlihat kreativitas menulis siwa. Anak-anak  mulai sedikitt demi sedikit terlihat rajin menulis di menu notes (catatan) dalam Facebook. Ternyata, bila kita tekun dan s sabar, Facebook dapat mengantarkan siswa kreatif dalam menulis. Sudahkah bapak/ibu guru di sekolah memberikan contoh pada siswa agar rajin menulis apa saja yang mereka sukai di dalam Facebook mereka?

            Salam blogger Facebookers!  

No comments:

Post a Comment