Wednesday, February 29, 2012

Membaca Permulaan dan Permaina Bahasa

Membaca Permulaan & Permainan Bahasa
M
embaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar awal. Siswa belajar untuk mendapat teknik-teknik membaca dan menangkap isi Bacaan dengan baik. Oleh karena ityu guru perlu merancang kebiasaan membaca sebagai suatu yang menyenangkan.
Empat Aspek Keterampilan beerbhasa dalam Dua Kelompok Kemampuan
1.      Keterampilan yang bersifat menerima (receptive) yang meliputi keterampilan membaca dan menyimak
2.      Keterampilan yang bersifat mengungkapp (productive) yang meliputi keterampilan menulis dan berbicara (Muchlisoh, 1992: 119)

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) bertujuan meningkatkan kemampuan komunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis, baik dalam situasi resmi dan non resmi, kepada siapa, kapan, dimana, untuk tujuan apa, bertumpu pada kemampuan dasar membaca dan menulis juga perlu diarahkan pada tercapainya kemahirwacanaan. Yujuan membaca permulaan di kelas 1 adalah agar “Siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancer dan tepat”, (Depdikbud, 1994/1995: 4).
Pembelajaran membaca permulaan merupakan tingkatan proses pembelajaran membaca untuk menguasai system tulisan seebagai representasi visual. Bahasa. Tingkatan ini sering disebut dengan tingkatan belajar membaca (learning to read). Sedangkan membaca lanjut merupakak proses penguasaan membaca untuk memperoleh isi pesan yang terkandung dalam tulisan. Tingkatan ini sering disebut sebagai membaca untuk belajar (reading to learn).

PERMAINAN BAHASA
Permaianan bahasa merupakan permainan untuk memperoleh kesenangan dan untuk melatih ketrampilan berbahasa (menyimak,berbicara, membaca dan menulis) Sebuah permainan disebut permainan bahasa apabila suatu aktivitas mengandung kedua unsure kesenangan dan melatih ketrampilan berbahasa (menyimak,berbicara, membaca dan menulis)

No comments:

Post a Comment