Saturday, December 10, 2011

Indonesia Merdeka!!

Perhatikan video berikut

                    Setelah sekian lama kita berjuang merdeka juga akhirnya kita. Tapi, ada apa dibalik kemerdekan itu? Simaklah wacana berikut.

                    Indonesia telah dijajah selama 353,5 tahun. Selama itu pulalah kita menderita. contohnya adalah kerja rodi, tanam paksa dan lain-lain. Tentu saja Bangsa Indonesia tidak akan tinggal diam atas hal tersebut. Kita melawan mereka dengan sengit. Tapi saat itu hasilnya nihil, mengapa? Tentu saja karena perlawanan masih bersifat kedaerahan

                    Akan tetapi, mulai abad ke-20 Indonesia mulai bersatu terutama dengan terbentuknya organisasi pemuda seperti Budi Utomo serta terbentuknya sumpah pemuda. Setelah itu para pemuda dari seluruh Tanah Air bangkit dan bersatu melawan penjajah. Hal tak terdugapun terjadi, meletuslah perang dunia ke-2. Belanda    terpaksa menyerahkan Indonesia tanpa syarat kepada Jepang.

                    Melihat hal tersebut, tentu saja rakyat gembira. Melihat keadaan tersebut, Jepang pun berniat untuk memperalat Indonesia. Mereka ternyata lebih kejam dari Belanda. Perang dunia semakin memanas, Jepang terdesak dalam perang. Dengan segala akal bulusnya mereka berjanji akan menyerahkan kemerdekaan kepada Indonesia pada Desember 1945.

                    Jepang membentuk BPUPKI pada tanggal 1 Maret 1945 dan meresmikannya pada tanggal 29 April 1945. Indonesia betul-betul menggunakan kesempatan ini untuk merdeka. BPUPKI melaksanakan sidang pertamanya pada tanggal 29/3/1945-1/4/1945. Sidang tersebut membahas tentang konsep dasar negara.

                 Selain itu, dibentuk pula panitia didalam BPUPKI yaitu panitia sembilan. Mereka khusus bertugas untuk merumuskan dasar negara. Pada tanggal 22 Juni 1945 panitia 9 menciptakan Jakarta Charter, akan tetapi sila pertamanya ditolak oleh orang non muslim sehingga diganti menjadi 'ketuhanan yang maha esa'

                 Beberapa minggu kemudian diadakan sidang kedua BPUPKI yang dilaksanakan tanggal 10/7/1945-17/71945. Sidang ini membahas tentang konsep hukum dasar negara. Pada tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI dibubarkan dan dibentuk PPKI. Lalu terjadilah pengeboman   Hiroshima dan Nagasaki. Jepang pun akhirnya menyerah kepada sekutu tanggal 14 Agustus 1945.

                   Karena keadaan vacuum of power Indonesia dengan segera memproklamasikan kemerdekaanya pada tanggal 17 Agustus 1945. Keesokan harinya berdasarkan sidang PPKI, disyahkan
- Soekarno-Hatta menjadi eksekutif RI
- UUD 1945
- Komite nasional

                  Berdasarkan teks diatas kita dapat menyimpulkan makna proklamasi atas sebagai berikut:
1. Puncak perjuangan
2. Jembatan emas menuju rakyat yang adil dan makmur
3. RI dapat membangun negaranya sendiri
4. Bebas menentukan nasib sendiri
5. Penjebolan hukum kolonial dan berdirinya hukum yuridis
6. Berdirinya RI



Dibuat oleh
R. Himan Haryo Teguh .D

Semoga ilmu ini bermanfaat

No comments:

Post a Comment