Monday, March 19, 2012

The Superfluid Helium

                  
                    Helium adalah materi yang cukup langka di bumi ini. Helium berasal dari kata helios yaitu dewa matahari yunani kuno. Kebanyakan helium berasal dari pelepasan radioaktif alami, dan juga dari gas alam. Selain memiliki massa jenis yang lebih ringan dari udara sekitar, helium juga memiliki keistimewaan lain. Yaitu memiliki titik lebur yang sangat rendah, bahkan dikatakan helium akan tetap dalam bentuk cair pada suhu 0K.

                    Pada saat suhu helium berada diantara 4Kdan 2K, ia akan memasuki tahap helium 1. Pada tahap ini helium menjadi sebuah cairan tanpa warna yang sangat sulit untuk menentukan dimana batas antara udara dan mana yang air.Selain itu, ia juga memiliki tekanan dan massa jenisyang rendah, yang merupakan seperempat dari yang diperkirakan dengan rumus fisika klasik.

                    Lalu, pada suhu di bawah 2K, helium akan memasuki tahap helium 2. Pada tahap ini helium sudah menjadi sebuah superfluid. Pada tahap ini tekanan helium sudah tidak dapat diukur dan memiliki tingkat kapilaritas yang tinggi, bahkan dapat menembus gelas! Selain itu helium 2 memiliki anomali yang membuatnya dapat merambat. Bila tidak dibatasi oleh wadah, ia akan keluar dari sisi tabung.

 
                   

No comments:

Post a Comment