Wednesday, August 29, 2012

Museum Fatahillah


Museum Fatahillah


Museum fatahillah adalah sebuah museum yang terletak di Jl. Taman Fatahillah no.2, Jakarta Barat. Bangunan ini dibangun pada tahun 1707–1710 oleh Gubernur Jendral Van Hoorn dan digunakan sebagai balai kota. Bangunan ini terdiri atas gedung utama, sayap kanan, dan sayap kiri serta sebuah bangunan sanding yang digunakan sebagai tempat pengadilan serta sebuah penjara bawah tanah. 


Seperti umumnya balai kota di Eropa, Museum Fatahillah juga memiliki sebuah lapangan. Lapangan itu, selain digunakan untuk memperindah bangunan, taman ini dulu juga digunakan untuk mengeksekusi tahanan. Di tengah lapangan terdapat sebuah air mancur yang dulunya satu-satunya sumber air untuk daerah sekitar balai kota.



Barang-barang koleksi Museum Fatahillah




Di dalam gedung terdapat berbagai koleksi barang, diantaranya adalah barang-barang VOC, peta kuno, keramik, gerabah,mebel, lukisan, bahkan barang-barang peninggalan kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran. Koleksi-koleksi ini diletakkan di berbagai ruang, yaitu Ruang Prasejarah Jakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, dan Ruang MH Thamrin. selain koleksi barang, Museum Fatahillah juga mempunyai berbagai Fasilitas seperti Perpustakaan, Ruang pemutaran film lama, kantin, toko suvenir, serta sebuah taman dalam. Demikianlah artikel saya mengenai Museum Fatahillah

No comments:

Post a Comment