Sunday, January 22, 2012

10 Fakta Tentang Tidur

Inilah beberapa fakta yang menyangkut tentang tidur....


  1. Alarm alami yang membuat kita dapat terbangun dengan sendiri saat kita mau bangun disebabkan oleh hormon stres. Ini berarti kita telah mengantisipasi untuk terbangun di alam bawah sadar
  2. Manusia tidur 3 jam lebih sebentar daripada primata lainnya, mereka semua tidur selama 10 jam
  3. 1 dari 6 kecelakaan disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk, makanya ada semboyan 'kalo mau nyetir jangan tidur, kalo mau tidur jangan nyetir' kira-kira gitulah
  4.  Seorang bayi yang berusia 1 tahun biasanya kekurangan tidur selama 450-750 jam...karena orangtua mereka. Tahukah anda bahwa bayi yang baru lahir butuh 17 JAM tidur setiap harinya? semoga anda menjadi lebih bijaksetelah membaca ini.
  5. REM tidak teridentifikasi sampai tahun 1953 karena para ilmuan menganggap riset yang dilakukan terlalu boros kertas. Sayang ya, padahal kalau mereka melakukannya dulu mungkin kita sudah mengetahui adanya REM sejak tahun 1900-an, kan enak.
  6. Wanita memerlukan tidur satu jam lebih lama saat malam. Tidak mendapatkannya dapat membuatmu menjadi lebih rentan depresi. Makanya kalo stres mendingan tidur deh nanti pasti jadi lebih enak.
  7. Saat tidur, setengah dari otak bebek tetap bekerja. Ini membuat mereka lebih waspada akan keberadaan predator.
  8. Pada tahap NREM gajah tidur berdiri, tapi pada saat tahap REM gajah tidur terbaring. Lucu ya?
  9. Setelah 5 hari tidak tidur, minuman keras berefek dua kali lebih kuat daripada biasanya.
  10. Rekor untuk 'paling lama gak tidur' adalah 18 hari 20 jam 40 menit.

No comments:

Post a Comment